Desain rumah minimalis dengan tema tropis merupakan salah satu desain rumah paling trendi dan populer dewasa ini. Bagi Anda yang penasaran seperti apa desain rumah minimalis bergaya tropis, berikut tips dan juga konsepnya.

Desain Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Dekorasi rumah bergaya tropis menggunakan tema tradisional yang tertata dengan sentuhan kesegaran khas nuansa tropis. Dekorasi rumah dengan konsep tersebut tidak berarti harus membuat ruangan mirip hutan dengan tumbuhan dimana-dimana, namun konsep ini lebih mengarah pada konsep minimalis dengan nuansa warna ‘rimbun’, karena konsep ini akan menggabungkan pola yang agak rumit dan banyak tekstur dengan aksesoris-aksesoris pendukung bersama detail-detail yang simpel dan minimalis. 

Motif dan Warna
Beberapa motif desain rumah tropis yaitu rotan, kain rumput, kulit, pohon palm, gambar hewan, ikan tropis, cangkang kerang dan pohon pisang artifisial. Begitu pula dengan pemilihan warna, untuk mendapatkan suasana tropis maka warna netral merupakan yang paling cocok. Sebagai contoh, latar belakang tema tropis yaitu gabungan dari warna seperti kuning pucat, emas, coklat tua, nuansa kulit kambing, krem, dan abu-abu. Dan warna yang melapisinya yaitu hijau, yang mempunyai beberapa tipe warna hijau yaitu, hijau kuning langsat, hijau muda, hijau kekuning-kuningan dan tipe hijau yang lainnya. Sedangkan untuk aksen Anda bisa menggunakan merah tua, hitam dan coklat muda.

Desain Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Dekorasi rumah minimalis dengan tema tropis ini tidak hanya digunakan untuk ruang keluarga atau ruang tamu, namun bisa terlihat sangat cantik di kamar mandi dan area kolam renang.

Furnitur Bergaya Tropis
Bagian-bagian yang diperlukan sebagai aksen yaitu rotan, besi tempa, dan anyaman. Faktanya, furnitur berbahan rotan dan kayu hitam merupakan kombinasi terbaik dalam dekorasi rumah minimalis bergaya tropis. Furnitur berbahan rotan memberikan nuansa alami karena terbuat dari pohon tropis, yang tumbuh di hutan. Furnitur rotan juga bisa digunakan disamping meja tulis ataupun perangkat komputer. Rotan sangat tahan lama dan fleksibel, dengan sendi-sendinya yang menonjol, memberikan kesan alami.

Desain Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Bagian-bagian furnitur berbahan anyaman juga merupakan bagian tak terpisahkan dari dekorasi rumah bergaya tropis. Furnitur anyaman dibuat dengan menggabungkan akar-akar yang merambat ataupun rerumputan. Bambu juga sangat cocok untuk furnitur bergaya tropis. Semua bahan baku ini biasanya menjadi bahan dasar atau sebagai aksesoris tambahan untuk sofa, kursi, meja, dipan, dan berbagai macam bagian furnitur yang lainnya. Tidak hanya sangat cantik dan indah namun juga sangat ringan, tahan lama, mudah dalam perawatan dan juga ramah lingkungan.

Desain Rumah Minimalis Bergaya Tropis

Itulah beberapa konsep dasar desain rumah minimalis bergaya tropis yang telah dijelaskan diatas, intinya untuk mendekorasi rumah dengan gaya tropis dibutuhkan sedikit imajinasi dan kreatifitas dalam menggali ide-ide tropis di sekitar kita, semoga tulisan ini bermanfaat.