Dalam dunia desain rumah minimalis, tema ‘rustic’ menjadi sangat populer terutama jika dipadukan dengan desain modern. Rustic berarti sesuatu yang sederhana, tua ataupun simpel, yang dalam dunia desain berarti memadukan furnitur-furnitur yang terkesan tua, berkarat, tekstur kasar dan tidak difinishing dengan sempurna namun terlihat sangat unik dan elegan. Desain rumah minimalis bergaya rustic memerlukan konsep dan juga furnitur-furnitur pendukung. Agar tidak terlihat terlalu seperti ‘rongsokan’ maka pemilihan furnitur yang tepat sangatlah penting. 

Desain Rumah Minimalis Bergaya Rustic Modern

Furnitur bergaya rustic biasanya tidak difinishing secara sempurna, seperti meja yang terbuat dari kayu yang tidak di finishing, jadi masih terlihat guratan-guratan alami dari kayu. Juga bisa dilihat dari furnitur berbahan dasar besi, yang memperlihatkan goresan-goresan. Pemilik rumah biasanya menginginkan sesuatu yang alami namun terlihat artistik, maka rustic biasanya menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat mengkombinasikan furnitur-furnitur bergaya kontemporer dengan elegannya furnitur-furnitur rustic. Selain itu konsep rustic akan memberikan karakter rumah hingga ke tingkat maksimum.

Rumah menjadi tempat ternyaman di dunia, dan rumah yang menggunakan furnitur-furnitur kayu tua tidak hanya membuat Anda kembali ke masa lampau, namun juga memberikan kesan ‘rustic’ seakan-akan Anda berada di sebuah pedesaan. Dengan Anda menginvestasikan furnitur-furnitur ‘rustic’, maka hal tersebut menjadi cara terbaik membuat rumah Anda lebih hangat dan berkelas daripada furnitur bergaya modern. Inilah beberapa tips desain rumah minimalis bergaya rustic modern.

1. Sketsa Tata Ruang

Desain Rumah Minimalis Bergaya Rustic Modern

Dengan menempatkan furnitur-furnitur bergaya rustic di rumah Anda, maka pastinya Anda akan mendapatkan kesan klasik dan elegan. Cara terbaik agar Anda dapat mengaplikasikan ide rustic di rumah Anda namun tidak terlihat berantakan, maka menulis sketsa tata tuang menjadi pilihan yang tepat. Sketsakan furnitur-furnitur mana yang cocok dengan keperluan ruang-ruang di dalam rumah Anda.

2. Jangan Lupakan Soal Ukuran

Desain Rumah Minimalis Bergaya Rustic Modern

Hal paling vital sebelum Anda membeli furnitur-furnitur bergaya rustic, cek terlebih dulu ukurannya, apakah sesuai dengan konsep dan juga ukuran keseluruhan didalam rumah. Jika Anda ingin menempatkan furnitur di ruangan kecil, maka pilihlah furnitur yang sesuai, pemilihan ukuran sangat penting sebelum Anda membeli furnitur rumah bergaya rustic.

3. Cek Daya Tahan Furnitur

Desain Rumah Minimalis Bergaya Rustic Modern

Furnitur rustic idealnya terbuat dari berbagai macam bahan seperti kayu pinus, maple, jati dan lain-lain. Jika Anda mencari furnitur yang tahan lama, maka perhatikan daya tahan potongan kayu tersebut. Furnitur berbahan kayu jati, mapel ataupun pinus dapat menjadi pilihan yang tepat, karena daya tahannya tidak perlu diragukan lagi. Selain kuat, kayu-kayu tersebut juga mempunyai sendi-sendi kayu yang terlihat sangat elegan. Satu lagi, jika Anda menempatkan furnitur berbahan kayu, maka pastikan kayu tersebut tahan terhadap gejala alam ataupun cuaca.